Pendataan Seruti Triwulan III 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan

BPS Kota Pasuruan Menyediakan Layanan Asistensi Statistik tarif 0 rupiah melalui Whatsapp Chat di Nomor : 0851 6190 3575 pada jam kerja

Pendataan Seruti Triwulan III 2023

Pendataan Seruti Triwulan III 2023

19 September 2023 | Kegiatan Statistik Lainnya


Halo sahabat data..
Tahukah sahabat data bahwa sebagai pelaku ekonomi, rumah tangga berperan dalam berbagai aktivitas ekonomi mulai dari produksi, konsumsi, dan investasi. Dalam aktivitas produksi, rumah tangga menyediakan faktor produksi tenaga kerja dan modal. Seseorang yang bekerja akan mendapatkan pendapatan yang tercipta dari nilai tambah produksi berupa kompensasi tenaga kerja atau upah/gaji. Selain menjadi tenaga kerja, rumah tangga juga bisa memiliki usaha rumah tangga, semacam usaha yang tidak berbadan hukum dan tidak memiliki laporan keuangan, dimana usaha tersebut juga menyediakan berbagai barang dan jasa baik untuk dijual maupun digunakan sendiri. Hasil dari usaha rumah tangga ini kemudian dapat disebut sebagai surplus usaha. Dalam hal peningkatan kapasitas produksi dalam perekonomian, rumah tangga juga berperan menjadi sektor yang menyediakan sumber pembiayaan investasi atau permodalan, baik dalam bentuk instrumen finansial maupun non finansial. Kepemilikan instrumen ini kemudian memberikan imbalan hasil kepada rumah tangga yang disebut sebagai pendapatan kepemilikan (property income).
Untuk menangkap informasi terkait hal tersebut dilakukanlah Survei Ekonomi Rumah Tangga Triwulanan (Seruti). Seruti ini dirancang dalam rangka menyusun indikator ekonomi rumah tangga secara triwulanan. Seruti Triwulan III telah dilaksanakan pada tanggal 1 hingga 20 September 2023.
Terima kasih pada sahabat data yang telah menjadi sampel dalam pelaksanaan pendataan Seruti Triwulan III ini. Semoga data yang dihasilkan bermanfaat dalam pembangunan Indonesia.
Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan (Statistics Of Pasuruan Municipality)Jl. Panglima Sudirman 84 Pasuruan 67115

Telp (0343) 424026

Faks (0343) 424026

Mailbox : bps3575@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik