SINERGI KUAT UNTUK DATA AKURAT - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan

BPS Kota Pasuruan Menyediakan Layanan Asistensi Statistik tarif 0 rupiah melalui Whatsapp Chat di Nomor : 0851 6190 3575 pada jam kerja

SINERGI KUAT UNTUK DATA AKURAT

SINERGI  KUAT  UNTUK  DATA  AKURAT

1 Agustus 2018 | Kegiatan Statistik Lainnya


Sudah menjadi keniscayaan bahwa data sangat diperlukan bagi semua kalangan, baik pelaku bisnis, akademisi, pengambil kebijakan atau perorangan sekalipun. Tak pelak lagi, data yang akurat dan up to date semakin dibutuhkan.

Pada hari Selasa, 31 Juli 2018, BPS Kota Pasuruan kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di ballroom Hotel Horison Pasuruan dalam rangka Pembahasan Data Publikasi Kota Pasuruan Dalam Angka 2018. Acara rutin tahunan ini diselenggarakan dengan tujuan memperbaiki kualitas dan kuantitas data yang akan dipublikasikan tanggal 16 Agustus 2018 dalam buku Kota Pasuruan Dalam Angka 2018. Selain itu, acara ini diharapkan dapat meningkatkan koordinasi statistik sektoral di antara Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi dan lembaga guna menghasilkan data sektoral yang berintegritas tinggi untuk menjawab tantangan pembangunan yang berkelanjutan.

Dihadiri oleh beberapa utusan dari OPD, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), akademisi dan pelaku bisnis, acara ini secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Bahrul Ulum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa data yang akurat, terkini dan lengkap sangat dibutuhkan dalam membuat perencanaan yang baik, pengambilan kebijakan dan penentuan sasaran pembangunan yang tepat. Karena itulah beliau sangat mengapresiasi acara ini dan berharap adanya sinergi dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak dalam rangka menghasilkan data akurat yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Acara inti diisi paparan narasumber Arif Joko Sutejo, Kepala BPS Kota Pasuruan, dengan tajuk Dukungan Statistik Sektoral Dalam Rangka Peningkatan Kualitas Daerah Dalam Angka (DDA). Beliau memaparkan betapa pentingnya data yang ada dalam DDA yang telah terbit mulai tahun 1970. Terlebih lagi, delapan puluh persen data DDA merupakan data sektoral yang didapatkan dari berbagai instansi, lembaga dan perusahaan. Namun, dibalik tingginya minat terhadap data DDA, masih banyak data yang memerlukan penjelasan atau belum tersedia secara lengkap sehingga dibutuhkan sinkronisasi data. Acara dilanjutkan paparan oleh penanggung jawab dan pengelola publikasi BPS Kota Pasuruan, Lutfi Effendi, mengenai web BPS Kota Pasuruan diikuti tanya jawab.

Dari banyaknya pertanyaan dan tanggapan yang diajukan audien menunjukkan antusiasme mereka terhadap topik yang disajikan.  Besar harapan, acara ini akan menghasilkan sinergi yang lebih baik menuju data yang semakin berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat luas. (Yeni’S)

Link Foto Dokumentasi FGD-2018

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan (Statistics Of Pasuruan Municipality)Jl. Panglima Sudirman 84 Pasuruan 67115

Telp (0343) 424026

Faks (0343) 424026

Mailbox : bps3575@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik