Indeks
kepuasan jemaah haji Indonesia (IKJHI) di Arab Saudi pada tahun
1439H/2018M sebesar 85,23. Ini berarti secara umum layanan pemerintah
kepada jemaah haji Indonesia telah memenuhi kriteria “sangat memuaskan”.
Dibandingkan dengan indeks kepuasan jemaah tahun lalu yang sebesar
84,85, indeks kepuasan layanan jemaah haji 2018 meningkat 0,38 poin.
Bila
dirinci menurut jenis pelayanan, indeks kepuasan tertinggi terdapat
pada pelayanan transportasi bus antarkota, yaitu sebesar 88,25, kemudian
berturut-turut adalah pelayanan bus sholawat (87,72), pelayanan petugas
(87,38), pelayanan ibadah (87,12), pelayanan katering non-Armina
(86,91), pelayanan akomodasi hotel (86,02), pelayanan lain-lain (85,61),
pelayanan katering di Armina (84,38), pelayanan transportasi bus Armina
(81,09), dan pelayanan tenda di Armina (77,59).
Berdasarkan
lokasi tempat pelayanan, Indeks kepuasan jemaah tertinggi terdapat pada
pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 89,01,
berikutnya secara berturut-turut pelayanan di Makkah (87,34), pelayanan
di Madinah (85,73), dan pelayanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina
(82,60).