Pelaksanaan Survei Triwulanan Kegiatan Usaha Sektor Jasa (STKU-SJ) - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan

BPS Kota Pasuruan Menyediakan Layanan Asistensi Statistik tarif 0 rupiah melalui Whatsapp Chat di Nomor : 0851 6190 3575 pada jam kerja

Pelaksanaan Survei Triwulanan Kegiatan Usaha Sektor Jasa (STKU-SJ)

  Pelaksanaan Survei Triwulanan Kegiatan Usaha Sektor Jasa (STKU-SJ)

5 Desember 2014 | Kegiatan Statistik


Pada tahun 2014, akan dilaksanakan survey triwulanan kegiatan usaha sektor Jasa (STKU-SJ) yang merupakan kelanjutan dari survey khusus triwulanan neraca produksi (SKTNP) sektor jasa tahun 2013, mengingat kebutuhan akan data triwulanan sudah mendesak dan sangat diperlukan. Penyusun produk domestik bruto dengan periode triwulanan sudah lama dilakukan, tetapi data-data produksi triwulanan khususnya sektor jasa banyak yang belum tersedia, baik oleh BPS maupun instansi lainnya.

Penelitian STKU-SJ tahun 2014 dilakukan pada perusahaan/usaha disubsektor hotel, subsektor restoran, subsektor jasa sosial kemasyarakatan, subsektor jasa hiburan dan rekreasi, serta subsektor jasa perorangan dan rumah tangga. Dengan selang waktu yang lebih pendek ini, memungkinkan informasi kegiatan usaha disektor-sektor tersebut akan lebih cepat tersedia dan gejolak kegiatannya dapat diamati secara lebih rinci. Pengamatan terhadap perkembangan usaha melalui STKU-SJ dilakukan di 11 provinsi salah satunya Jawa Timur.

Secara umum tujuan melaksanakan survei-survei khusus neraca pengeluaran ini adalah untuk penghitungan PDRB Pengeluaran sampai dengan tingkat kabupaten/kota.

Survei ini bertujuan untuk memperoleh informasi terkini dan tercepat mengenai indikator produksi, indikator harga dan indikatot lainnya yang akan digunakan dalam penyusunan PDB triwulawan. Kegiatan yang menjadi fokus utama survei triwulanan kegiatan sektor jasa (STKU-SJ) tahun 2014 dalah kegiatan yang berbentuk jasa, khususnya yang belum memiliki indicator produksi yang rutin dalam penyusun PDB triwulanan. Indikator produksi tersebut akan diperoleh dengan cara melihat perkembangan di survei selama empat kali periode pencacahan dalam satu tahun kegiatan.

Dari hasil survei diharapkan dapat diperoleh informasi terkini dan tercepat dalam bentuk data kuantitas mengenai indicator produksi maupun indikator harga triwulanan. Evaluasi hasil studi akan dilakukan untuk pengambangan survei selanjutnya.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota Pasuruan (Statistics Of Pasuruan Municipality)Jl. Panglima Sudirman 84 Pasuruan 67115

Telp (0343) 424026

Faks (0343) 424026

Mailbox : bps3575@bps.go.id

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik